Buat Apa Sholat???

Anak : Pa, solat itu buat apa sih?
Ortu : (menghardik) Udah, lu jangan tanya macem-
macem.. kapir lu nanti!

Anak : (terdiam)
Belasan tahun kemudian, si anak bertemu lagi
dengan saya. Mana saya tahu kalau dia dulu tanya-tanya kayak gitu kan ? Biar gampang, kita sebut aja dia Boni.

Saya : Woy, jumatan atuh..orang-orang udah pada ngabur!
Boni : males ah, buat apa sholat ?

Saya : (untung ajah, dulu kenyang di plonco adik
PAS) Dasar.. Boni kamu sholat buat apa?
Boni : Saya mah, sholat kalo butuh doang. Nggak
solat kalo aku nggak merasa butuh. Solat itu harus
merupakan kebutuhan, bukan kewajiban dong.
Tuhan nggak butuh solat kita, yang butuh itu kita! Sekarang gua lagi nggak butuh solat, jadi buat apa
gua solat.

Saya : Itu betul, memang kita harus punya kata
‘butuh’ terhadap sholat. Tapi, menurut gua, kita
tetep ‘wajib’ sholat, meskipun kita sedang tidak
‘butuh’.
Boni : Buat apa? Menurut gua, disitulah letak nggak
gunanya solat. Lebih cuih lagi, kalo orang solat
buat ngejar ‘gelar’, gua paling nggak suka!

Saya : Maksud loe?
Boni : Ya itu, jenis-jenis manusia yang solatnya
buat pamer, kalo dia itu paling soleh!! Menurut gua sih, kalo die solat seribu rokaat juge, kalo abis
solat die korup, die membunuh, die menjelekkan
orang, menggunjing, tetep aje die tu, lebih buruk,
dibanding orang yang gak solat tapi berbuat baik
sama orang lain!

Saya : Lu bener di satu sisi..Orang yang menzalimi orang lain, meski solat, tetep lebih buruk dibanding
yang gak solat tapi berbuat baik
Boni : Tuu, bener kan gue!

Saya : Tapi di sisi lain, lu juga salah Bon! Menurut
saya nih, solat tetep wajib!
Boni : Salah gimane? Ah paling lu mau ngeluarin ayat.

Saya : Ok, kita pake akal aja. Nah,sekarang saya
mau nanya neh. Gaji lu berapa Bon?
Boni : Rahasia dong.. yah oke deh, sekitar 3-an lah

Saya : Lu kerja berapa jam sehari tuh, buat 3-an
itu? 8 jam sehari ada nggak? Boni : Ya iya lah.. lebih kali

Saya : Selain itu, saya yakin kalo lu dapet segitu,
karena skill dan gelar lu kan ? Gak cuma karena
kerjaan lu. Yang jelas, pengorbanan lu untuk dapet
gaji segitu, lebih banyak dari sekedar kerja 8 jam
sehari. Bener gak?
Boni : Bener banget! Tapi segitu juga udah untung.
Gua suka dapet bonus, jadi gua yah,berterimakasih
banget dah, sama Boss gua. Dia care banget sih sama kita.

Saya : Nah, Bon, ngomong-ngomong lu pernah
denger ada jual beli ginjal gak buat transplantasi?
Boni : Oh iya dong, gile, satu ginjal ada satu milyar
kali! Gua sih nggak bakal jual. Gila aja kali! Ntar
gua pake apa dong?

Saya : Nah lu dikasih semilyar, kok gak mau
berterimakasih sama sekali?
Boni : Bentar-bentar gua nggak ngerti neh.. dikasih semilyar gimana?

Saya : Tuh, mata loe… harganya berapa? Ok, ginjal
satu milyar kan ? Oh ya, belon ntu tuh, kuping,
mulut, muka… hm, banyak euy semua jatuhnya
berapa ya? Trilyunan tuh. Tapi semuanya dikasih
gratis.
Boni : ……..

Saya : Bon, Sekali lagi neh, menurut aku, sholat
tetep wajib, karna, itu salah satu cara kita untuk
berterimakasih sama Yang ngasih badan kita,
rejeki kita, keberuntungan kita, yah, segalanya
yang udah Dia kasih dah. Kita rela bekerja 8 jam sehari untuk mendapatkan
3 juta rupiah. Kita sangat berterimakasih sama
orang yang ngasih kita tambahan bonus sekedar
seratus-duaratus ribu, tapi kita kadang lupa
berterimakasih sama ‘Tuhan’ yang ngasih kita
mata, mulut, tangan, kaki, ginjal, yang harganya jauh lebih mahal kalo kita jual. Well, bahkan bisa
dibilang tak ternilai harganya.
Cuma orang kepepet berat atau orang bodoh yang
mau jual badan dia sendiri.
Memang idealnya, orang solat tuh terhindar dari
perbuatan buruk. Toh solat kan aslinya mencegah perbuatan buruk, dan membuat kita terbiasa
melakukan perbuatan baik. Tapi itu kalau dia
menghayati makna sholat sebagai sarana
mengingat Tuhan, bukan sekedar menggugurkan
kewajiban.
Di situasi ideal ini, selepas sholat, orang jadi mengingat kembali, betapa banyak yang Tuhan
berikan dan lakukan demi kebaikan kita. Coba aja
telaah arti bacaan shalat dan arti gerakan solat. So
pasti lu temukan deh, banyak bacaan solat
maknanya kearah ini.
Karena dia ngeh bahwa Tuhan selalu melihat, dan telah banyak berbuat buat dia, dia bakal berfikir
1000 kali buat berbuat hal yang nggak Tuhan
sukai. yah kalo solatnya sekedar nyari gelar
seperti yg lu bilang sih, memang gak bakal ada
manfaatnya.
Tapi lu cerdas Bon, lu juga SQ-nya tinggi, makanya lu nggak mau solat sekedar menggugurkan
kewajiban. Karena itu, lu pasti ngerti bahwa solat
tetep wajib, meski kita lagi nggak butuh solat. Kita
wajib solat, untuk berterimakasih sama yang telah
ngasih kita segalanya.
Boni : Seandainya dulu bapa gua ngejawab kayak gitu, gua mungkin gak bakal terlalu anti solat ya…

Saya 😕 ???
Boni : Sudahlah, gak usah dibahas… Tapi thanks
ya.. gua jadi ngerti neh.”

BY: Rifki WP SM9

Maen yuk ketempat ane di My Facebook
Follow juga my twitter @supianiborneo untuk aplikasi dan info menarik dan trik gratisan lainnya. Dan tinggalkan twitter kalian di kotak komentar untuk follow back.

Dikirim menggunakan Wordmobi

One comment on “Buat Apa Sholat???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s